Selasa, 19 Februari 2013

Komputer Jaringan


*    Jaringan Komputer adalah sebuah himpunan interkoneksi sejumlah computer OTONOM. Yang masing-masing dapat mengontrol dirinya sendiri. Dengan adanya jaringan computer kita bisa saling tukar-menukar informasi antar computer, atau yang sering biasa disebutsharing


*      Beberapa manfaat adanya jaringan, diantaranya :

1.managemen sumber daya lebih efesien

2. informasi handal up to date

3. mempercepat  proses data sharing

4. berkomunikasi lebih efektif

5. memangkas biaya


*      Macam-macam type jaringan :

1.       Jaringan WORKGROUP (peer to peer)

Jaringan P2P tidak memerlukan server yang artinya Anda tidak perlu komputer khusus dengan spesifikasi yang lebih tinggi untuk dijadikan sebagai server. Di jaringan peer-to-peer, komputer-komputer di jaringan memiliki kedudukan yang sama sebagai peer (sederajat). Sebuah komputer peer sebenarnya berfungsi, baik sebagai client maupun server.


Gambar jaringan peer to peer :


2.       Jaringan CLIENT-SERVER

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer lain di dalam jaringan, sedangkan client adalah komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Dalam tipe jaringan Client server, hanya ada 1 komputer yang bertugas sebagai server dan komputer yang lainnya adalah client.


Gambar jaringan client-server:





3.       Jaringan HYBRID

Jaringan hybrid menghubungkan antara jaringan wired dan jaringan wireless menggunakan akses point. Sebagian perangkat dalam jaringan hybrid dihubungkan dengan menggunakan kabel,sedangkan yang lainnya dihubungkan menggunakan gelombang radio.

Gambar Jaringan hybrid :

Download
   
   

0 komentar:

Posting Komentar