Sabtu, 09 Maret 2013

Sistem Operasi Linux


Sejarah Linux :
        I.            Dibuat pada tahun 1991 oleh linus trovadols. Mahasiswa dari sebuah uiversitas Itelsinki, Finlandra.
      II.            Linux merupakan turunan dari Unix.
    III.            Selain digunakan untuk network dan pengembangan software, saat ini mulai digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Cont :
        I.            Dalam sistem operasi linux dikenal istilah distro.
      II.            Distro merupakan kependekan dari distribusi.
    III.            Distro merupakan sebutan untuk sistem operasi linux dan aplikasinya.
    IV.            Sistem linux merupakan sistem yang terpisah-pisah.
      V.            Dalam sebuah distro berisi bundel dari kernel linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuat distro.

     Distro :
I.          Redhat : distribusi yang paling populer. Merupakan distro pertama yang instal dan pengoperasiannya mudah. Berganti nama menjadi RHEL.
II.        Debian : distro yang mengutamakan kestailan dan kehandalan , meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program .
III.      Ubuntu : dibuat oleh perusahaan cononical pada tahun 2004. Ubuntu merupakan distribusi linux yang diturunkan dari distribusi debian.

Keamanan Linux :
I.          portabilitas : ketidak bergantungan pada suatu perngkat keras, artinya linux mendukung berbagai macam peragkat keras, tidak terpaku pada suatu vendor tertentu sehingga mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain.
II.        Multiuser : sejumlah pemakai dapat menggunakan sistem secara bersamaan dan berbagai sumber daya sistem. Keuntungannya penghemat hardware, file dapat diakses oleh pemakai secara serentak.
III.      Multitasking : linux mampu melakukan tugas secara bersamaan dan multiple device sehingga pemakai dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dari sebuah terminal.
IV.      Sistem file yang hierarkis : pemakai dapat mengorganisasikan informasi dan data dalam bentuk yang mudah diingat dan mudah diakses.
V.        Local dan network file sistem : linux mendukung jaringan komputer.
VI.      Security, ownership, group :di dalam sistem linux setiap data diatur model pengaksesannya berdasarkan owner, group dan other.
VII.    Virtual memory : linux menggunakan sebagian harddisk sebagai virtual memory
VIII.  X-wndows system : sebuah gui yang berjalan di linux dikenal dengan istilah x-windows.


Download

0 komentar:

Posting Komentar