Senin, 15 April 2013

Fungsi Logika IF, AND, OR, dan NOT.




Logika dalam Microsoft excel digunakan untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syarat tertentu yang akan menghasilkan jawaban TRUE jika syaratnya terpenuhi dan FALSE jika syaratnya tidak terpenuhi.
Syarat yang digunakan untuk menguji suatu kondisi bisa hanya satu syarat, satu syarat diantaranya (fungsi or),  dua syarat atau lebih wajib terpenuhi (fungsi and), atau bukan dengan syarat tertentu (fungsi not). Fungsi logika yang akan kita gunakan adalah FUNGSI IF, dengan bentuk umum sbb :
=IF (logical-test;value-IF-true;value-IF-false)
Langsung saja ke contoh kasus, misalnya kita punya tampilan spt ini :
Nama
Pendidikan
Jurusan
Cara 1
Cara 2
Cara 3
Cara 4
Cara 5
Budi
S1
Akutansi
Lulus
Lulus
Lulus
Gagal
Lulus
Ami
D3
Manajeman
Gagal
Lulus
Gagal
Lulus
Dipertimbangkan
Reni
D3
Akutansi
Gagal
Lulus
Gagal
Gagal
Dipertimbangkan
Robi
D1
Akutansi
Gagal
Gagal
Gagal
Gagal
Gagal
Kiki
S1
Manajeman
Lulus
Lulus
Gagal
Lulus
Lulus
Romi
S1
komputer
Lulus
Lulus
Gagal
Lulus
Lulus

                Anggap saja kita akan melakukan perekrutan pegawai dengan berbagai syarat yang berlaku. Cara 1-5 adalah cara yang akan kita gunakan dalam merekrut pegawai dengan syarat-syarat tertentu.
1.       CARA 1 (FUNGSI IF TUNGGAL)
Kita akan merekrut pegawai baru dengan syarat memiliki pendidikan S1 yang akan lulus sebagai pegawai. Maka fungsi yang akan kita gunakan adalah:
=IF(C5=”S1”;”lulus”;”gagal”)
Artinya  jika nilai cell C5 adalah S1 maka akan dinyatakan lulus tetapi jika bukan maka dikatakan gagal.

2.       CARA 2 (FUNGSI OR)
Kita akan merekrut pegawai baru dengan syarat memiliki pendidikan S1dan D3 yang akan lulus sebagai pegawai. Maka fungsi yang akan kita gunakan adalah:
=IF(OR(C5=”S1”;C5=”D3”);”lulus”;”gagal”)
Artinya  jika nilai cell C5 adalah S1 dan D3 maka akan dinyatakan lulus tetapi jika bukan maka dikatakan gagal.

3.       CARA 3 (FUNGSI AND)
Kita akan merekrut pegawai baru dengan syarat memiliki pendidikan S1 dengan jurusan akutansi yang akan lulus sebagai pegawai. Maka fungsi yang akan kita gunakan adalah:
=IF(AND(C5=”S1”;D5=”akutansi”);”lulus”;”gagal”)
Artinya  jika nilai cell C5 adalah S1 dan nilai D5 adalah akutansi  maka akan dinyatakan lulus tetapi jika bukan maka dikatakan gagal.

4.       CARA 4 (FUNGSI NOT)
Kita akan merekrut pegawai baru dengan syarat memiliki pendidikan selain akutansi yang akan lulus sebagai pegawai. Maka fungsi yang akan kita gunakan adalah:
=IF(NOT(D5=”akutansi”);”lulus”;”gagal”)
Artinya  jika nilai cell D5 adalah akutansi maka akan dinyatakan lulus tetapi jika bukan maka dikatakan gagal.

5.       CARA 5 (FUNGSI IF BERSARANG)
Kita akan merekrut pegawai baru dengan syarat memiliki pendidikan S1 yang akan lulus sebagai pegawai, dan jika berpendidikan D3 akan dipertimbangkan, selain itu gagal.  Maka fungsi yang akan kita gunakan adalah:
=IF(C5=”S1”;”lulus”;IF(C5=”D3”;”dipertimbangkan”;”gagal”)
Artinya  jika nilai cell C5 adalah S1 maka akan dinyatakan lulus tetapi jika D3 akan dipertimbngkan dan selain itu maka dikatakan gagal.




0 komentar:

Posting Komentar